RSS

Cara Alternatif Membuka Aplikasi MS Office

Bagi pengguna Windows Vista yang akan membuka salah satu aplikasi MS Office – misalkan dalam hal ini adalah MS Word – maka biasanya cara yang ditempuh adalah melalui tombol Start (Orb Button) > All programs > Microsoft Office > Microsoft Office Word.

Cara lain yang juga dapat digunakan adalah dengan menggunakan panel pencarian (Search Pane), sebagaimana gambar berikut ini:

Search Pane

Pada panel tersebut, ketikkan perintah atau nama file sebagaimana dalam tabel di bawah ini untuk membuka aplikasi yang diinginkan.

Sebagai contoh, untuk membuka aplikasi MS Word, maka setelah membuka panel pencarian (melalui tombol Start), maka ketikkan winword, lalu tekan Enter.

No. Perintah Untuk membuka aplikasi … Jenis Aplikasi
1. winword MS Word Pengolah Kata
2. excel MS Excel Lembar Sebar
3. powerpnt MS Powerpoint Presentasi
4. msaccess MS Access Basis Data
5. mspub MS Publisher Publikasi
6. outlook MS Outlook Klien Email
7. visio MS Visio Diagram Gambar

Bagi pengguna Windows XP, perintah sebagaimana dalam tabel di atas juga dapat diketikkan ke dalam menu Run, yaitu melalui Start > Run.

CATATAN:

Perintah yang diketikkan pada panel pencarian tidak dapat dijalankan bila ternyata aplikasi yang akan dibuka belum di-install. Sebagai contoh, pengetikan perintah mspub akan menimbulkan pesan kesalahan, apabila aplikasi MS Publisher belum di-install pada komputer tersebut.


Your Comment