RSS

Mengambil dan Menyimpan Tampilan Layar pada Komputer

Terkadang kita perlu mengambil cuplikan tampilan di layar komputer untuk beberapa keperluan, seperti misalnya untuk mendokumentasikan langkah-langkah instalasi dari perangkat lunak atau menampilkan kembali pesan kesalahan dari komputer saat bekerja dengan aplikasi tertentu.
Cara termudah (dan bisa jadi “klasik”) adalah dengan menekan tombol Print Screen (yang biasanya tertulis “Prt Sc”, “Prt Scr” atau “Prt Scn”) di keyboard. Saat tombol ini dipencet, Windows merekam tampilan di layar ke dalam memori yang biasanya disebut juga sebagai “clipboard“. Untuk mentransfer gambar dari clipboard, maka kita perlu menggunakan aplikasi lain yang dapat menangani data grafis. Aplikasi grafis sederhana seperti MS Paint atau bahkan pengolah kata, seperti MS Word bisa melakukannya dengan baik.

Dalam contoh ini, kita akan mencoba mengambil tampilan desktop lalu menyimpannya dengan menggunakan MS Paint.

  1. Tutup seluruh aplikasi yang terbuka saat ini. Tekan tombol Print Screen.
  2. Berikutnya buka MS Paint. Klik pada Start > Run, lalu ketik mspaint dan tekan  Enter. Jika anda menggunakan Vista: Klik pada tombol Start > ketik mspaint pada menu pencarian (Search Pane).
  3. Klik Edit > Paste pada menu MS Paint.
    MS Paint 1
  4. Tampilan layar desktop pun lalu akan muncul
    MS Paint 2
  5. Untuk menyimpannya, pilihlah menu File > Save As…
    MS Paint 3

  6. Pilih folder penyimpanan pada Save in. Ketik nama file pada File name. Tentukan jenis file yang akan disimpan pada pilihan Save as Type atau lewati saja pilihan ini. Klik Save.
    MS Paint 4

Sebagai tambahan, kita juga dapat menyimpan tampilan dari jendela aplikasi yang terbuka saat itu. Sebagai contoh, kita bisa mengambil gambar aplikasi dari notepad saja, tanpa memperlihatkan tampilan dari desktop secara keseluruhan. Caranya, buka aplikasi tersebut – dalam hal ini notepad (Start > Run > ketik notepad > tekan Enter) – terlebih dahulu. Lalu pastikan aplikasi ini berada di urutan terdepan dari aplikasi lain. Tekan tombol Alt + Print Screen (yaitu dengan menahan tombol Alt dengan satu tangan sementara tangan lain menekan tombol Print Screen). Buka MS Paint dan ikuti lagi langkah-langkah diatas. Selamat mencoba!


5 Comments Add Yours ↓

  1. ditya #
    1

    thank you…. toex infonya,
    selama ini aku pikir sangat sulit,,, tp trnyata sederhana bngt,

  2. djoko #
    2

    thanks banget infonya semoga mendapat balasan amal baik …

  3. arief #
    3

    Terima kasih kembali. Amien.

  4. arief #
    4

    Terima kasih kembali, Mas Ditya. Ya memang seperti itu langkah-langkahnya. Semoga bermanfaat.

  5. Om Bayu #
    5

    Informasinya singkat/Jelas mudah dipahami,
    makasih banyak, sangat membantu.



Your Comment