RSS

Antivirus Gratis dari Microsoft

Pada akhir September kemarin, Microsoft meluncurkan produk antivirus gratis bagi pengguna Windows orisinil. Produk bernama Microsoft Security Essentials yang tersedia untuk Windows XP, Vista dan 7 ini sepertinya berusaha untuk melengkapi layanan proteksi spyware oleh Windows Defender dan layanan deteksi virus oleh Malicious Software Removal Tool yang keduanya juga dapat diperoleh secara cuma-cuma.

Microsoft Security Essentials bisa diunduh disini. Sebelum melakukan instalasi ada baiknya untuk membaca persyaratan minimum yang diperlukan untuk tiap sistem operasi.

Proses instalasi perangkat lunak ini membutuhkan koneksi internet untuk 2 keperluan, validasi dan pengunduhan pemutakhiran (update) dari Microsoft.

Validation

Proses Validasi

Update

Proses Update

Tampilan antivirus ini sangat sederhana. Tanpa menu dan hanya memiliki 4 tab: Home, Update, History dan Settings.

Proses pemindaian (scan) baik secara langsung maupun terjadwal dilakukan melalui tab Home. Pada tampilan ini juga akan terlihat status dari proteksi dan pemutakhiran (update) data yang sudah dilakukan.

Home Tab

Home Tab

Proses pemutakhiran dilakukan secara otomatis setiap kali terkoneksi ke internet atau secara manual melalui tab Update > Update.

Update Tab

Update Tab

Tab History berisi informasi mengenai hasil pemindaian yang telah dilakukan, baik virus yang sudah dibasmi, masih dikarantina maupun program yang diijinkan untuk tetap berjalan (meski dicurigai sebagai virus).

History Tab

History Tab

Pengaturan lebih lanjut mengenai antivirus ini dapat dilakukan pada tab Settings. Bagi pengguna komputer yang sering menggunakan removable media (seperti flashdisk, harddisk eksternal dan semacamnya), ada baiknya mengaktifkan pilihan pemindaian pada media tersebut. Pilih Advanced dan beri tanda centang pada Scan removable drives.

Settings Tab

Settings Tab

Proses pemutakhiran untuk program ini dilakukan secara terpisah, melalui tombol panah bawah disamping kanan menu Help > Upgrade Microsoft Security Essentials.

Program Update

Program Update

Terakhir, selayaknya produk Microsoft yang lain, produk ini didukung pula oleh berbagai artikel maupun video sebagai panduannya.


1 Comments Add Yours ↓

  1. 1

    saya suka



Your Comment