RSS

Kalkulasi Nilai Kehadiran Praktikum dengan MS Excel

Aplikasi lembar sebar semacam MS Excel merupakan sarana yang sangat memadai untuk mengolah nilai mahasiswa, antara lain untuk nilai praktikum.

Sebagaimana diketahui bahwa nilai praktikum (lazimnya) terdiri atas Nilai Presensi (atau kehadiran), Pre-Test (yaitu tes yang dilangsungkan sebelum mengikuti sesi-sesi praktikum), Laporan dan Post-Test (yaitu tes yang dikerjakan sesudah mengikuti seluruh sesi praktikum).

Khusus untuk nilai kehadiran terdapat suatu aturan yang berkaitan dengan nilai Laporan yaitu bahwa:

  1. mahasiswa tidak diijinkan untuk mengumpulkan laporan untuk suatu unit praktikum jika ia tidak mengikuti sesi praktikum untuk unit tersebut, DAN
  2. mahasiswa diwajibkan untuk menyusun laporan untuk setiap unit praktikum yang ia hadiri.

Dengan asumsi bahwa tidak ada mahasiswa yang mengikuti praktikum namun tidak mengumpulkan laporan, maka jika nilai laporan praktikum sama dengan nol, berarti dapat disimpulkan bahwa mahasiswa tersebut tidak hadir pada unit tersebut.

Artinya jika terdapat data sebagaimana tabel seperti dibawah ini, maka semestinya pada sel E7 berisi 67, karena mahasiswa bersangkutan tidak hadir sekali (atau hadir 2 kali) dari 3 pertemuan:

Nilai02

Nilai02

Dengan menggunakan Excel, sel E6 dapat diisi dengan rumus:

=ROUND((3-COUNTIF(F6:H6,0))/3*100,0)

Adapun fungsi COUNTIF diatas berguna untuk menghitung jumlah nilai nol (0) pada cakupan sel F6 hingga H6. Jika diumpamakan bahwa hasil perhitungan tersebut dimasukkan ke variabel X, maka untuk selanjutnya nilai kehadiran dihitung mengikuti rumus:

X = COUNTIF(F6:H6,0)

Nilai03

Hasil akhir perhitungan tersebut kemudian selanjutnya dibulatkan lewat fungsi ROUND tanpa angka desimal (yang ditunjukkan lewat nilai 0):

Y = (3-COUNTIF(F6:H6,0))/3*100

=ROUND(Y,0)

Nilai04


Your Comment